Contoh Narrative Text Fable Pedagang Garam dan Keledai

Narrative Text Fable ~ Ada banyak sekali cerita bintang atau fable yang beredar di masyarakat. Tapi apakah kalian pernah dengar cerita tentang pedagang garam dan seekor keledainya. Nah, berikut ini adalah salah satu contoh narrative text singkat beserta arti dan terjemahannya tentang cerita 'Pedagang Garam dan Keledainya'. Semoga bermanfaat. | AZ Bahasa Inggris

Narrative Text, What is Narrative Text, Contoh Narrative Text beserta Terjemahan, Narrative Text Adalah, Narrative Text Legend, Contoh Narrative Text Singkat Beserta Artinya, Contoh Narrative Text Singkat, Contoh Narrative Text Fable, Narrative Text Cinderella
az-bahasainggris.blogspot.com | Contoh Narrative Text Fable

Salt Merchant and His Donkey

There was a salt merchant in a village. He used to buy salt from a nearby town. He had a donkey to carry the salt load. There ware many streams that must be passed to get to the city.

One day, the salt merchant returned after making a purchase.

The donkey was full of salt bags. As they crossed the river, the donkey slipped and fell into the river. Many salts dissolved in water. As the donkey rises, the salt load became very light.

From that day on, whenever the salt merchant came back from the town after buying salt, the donkey began to fall halfway across a river and the other. The salt merchant became suspicious.

Once the seller bought several bales of cotton and loaded the cotton bales onto his donkey. The donkey felt the load of the day was very light. The donkey thought "Today, I'm going to drop myself and this charge will be much lighter".

On the way home, as usual, the donkey fell into the river. But, alas! When the donkey tried to get up, the weight of the load even made the doneky fell again. The Cotton hasd absorbed water and became heavier.

The salt merchant gave hard beatings to make the donkey get up and walk. From that moment on, the donkey never fell over the river.

The moral of the story above is that avoiding the work leads to more work.

BACA JUGA:
1. Penjelasan Narrative Text
2. Contoh Narrative Text Cerita Dongeng
3. Contoh Narrative Text Cerita Fable

Arti/Terjemahan:

Pedagang Garam dan Keledainya

Tersebutlah seorang pedagang garam di sebuah desa. Dia biasa membeli garam dari kota terdekat. Dia punya seekor keledai untuk membawa muatan garam tersebut. Terdapat banyak arus sungai yang harus dilalui untuk sampai ke kota.

Suatu hari, pedagang garam itu kembali setelah melakukan pembelian.

Keledai itu penuh dengan kantong garam. Saat mereka menyeberangi sungai, tanpa sengaja keledai itu tergelincir dan jatuh ke sungai. Banyak garam larut dalam air. Saat keledai itu bangkit, muatan garammnya menjadi sangat ringan.

Sejak hari itu, setiap kali si pedagang garam itu kembali dari kota setelah membeli garam, keledai itu mulai terjatuh di setengah jalan saat melintasi satu sungai atau sungai lainnya. Pedagang garam itu menjadi curiga.

Begitu penjual membeli beberapa bal kapas dan memuatkan bal kapas tersebut ke keledainya. Keledai merasa muatan hari itu sangat ringan. Keledai itu berpikir "Hari ini, saya akan menjatuhkan diri dan muatan ini akan menjadi jauh lebih ringan".

Dalam perjalanan pulang, seperti biasa, keledai itu jatuh ke sungai. Tapi sayang! Ketika keledai itu mencoba bangkit, beban muatan itu malah membuat keledai itu jatuh lagi. Kapas telah menyerap air dan menjadi lebih berat.

Pedagang garam tersebut memberikan pukulan keras untuk membuat keledai itu bangun dan berjalan. Sejak saat itu, keledai itu tidak pernah terjatuh saat melintasi sungai.

Moral dari cerita di atas adalah menghindari pekerjaan menyebabkan lebih banyak pekerjaan.

Demikianlah salah satu contoh Narrative Text Fable tentang kisah atau cerita 'Pedagang Garam dan Keledainya' beserta arti atau terjemahannya. Semoga dari contoh di atas kita dapat lebih mengerti dan paham tentang narrative text dan generic structurenya. Terima kasih sudah membaca.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

1 Response to "Contoh Narrative Text Fable Pedagang Garam dan Keledai"