Pengertian & Generic Structure Narrative Text

Narrative Text ~ Ketika kita belajar tentang genre text atau teks-teks bahasa Inggris, jenis teks yang sering dibahas adalah narrative text. Yup, narrative text sudah dipelajari sejak di SMP. Nah untuk membantu teman-teman sekalian dalam mempelajari narrative text, berikut ini akan dijelaskan seluk-beluk yang berakitan dengan narrative text, baik berupa pengertian, generic structure, language feature dan juga contoh-contoh narrative text. Semoga bermanfaat. | AZ Bahasa Inggris

A. Pengertian Narrative Text

Apa itu Narrative? Narrative adalah jenis teks yang menceritakan kejadian di masa lalu (baik itu fiksi maupun non-fiksi) yang bertujuan untuk memberikan informasi atau untuk menghibur.

Dari pengertian di atas kita tahu bahwa cerita yang terjadi di masa lalu, jika dituliskan kembali akan berupa teks narrative. Nah, cerita masa lalu tersebut bisa saja berupa fiksi atau karangan imaginatif penulis, atau juga bisa berupa fakta kejadian sesungguhnya.

Narrative Text, Penjelasan Narrative Text, Contoh Narrative Text, Pengertian Narrative Text, Contoh Singkat Narrative Text, Contoh Narrative Text dan Arti, Contoh Narrative Text dan Terjemahan, Generic Structure Narrative Text, Teks Narrative.
az-bahasainggris.blogspot.com | Pengertian & Generic Structure Narrative Text

B. Generic Structure Narrative Text

Di teks narrative biasanya terdiri dari tiga struktur penulisan. Ketiga struktru penulisan ini menjadi ciri khas dari narrative text yang membedakannya dengan jenis teks narasi lain, yaitu recount text. Generic structure dari narrative text yaitu:

1. Orientation
Orientation merupakan struktur pertama dalam narrative text. Pada orientation, tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita dikenalkan. Siapa, apa, sifat, dan karaktersitik dari semua tokoh tersebut dituliskan pada bagian ini.

2. Complication
Pada bagian complication, tokoh-tokoh yang dikelankan di bagian orientation mulai mengalamai konflik dan berkembang. Dimana dari tokoh-tokoh tersebut bisasnya terbagi menjadi tokoh protagonis, dan tokoh antagonis dalam cerita itu.

3. Resolution.
Di bagian resolution, konflik yang dimulai dan berkembang di bagian complication mulai menemui jalan akhir dan kemudian selesai. Di sini biasanya terdapat istilah 'happy ending' yaitu dimana tokoh protagonis menang, atau 'sad ending' dimana tokoh antagonis yang menang.

Walaupun begitu, banyak orang beranggapan bahwa generic structure dari narrative text terdiri dari empat, yaitu 3 struktur di atas ditambah dengan coda atau reorientation. Apa itu coda? Coda atau reorientation merupakan struktur penulisan yang sifatnya optional (tambahan) yang biasanya berisi tentang hikmah atau pembelajaran dari cerita. Biasanya, coda sering terdapat pada cerita anak yang berupa dongeng, maupun cerita fabel.

C. Language Feature Narrative Text

Disetiap jenis teks, pasti memiliki ciri lain selain generic structure yang membedakannya dengan jenis teks yang lain. Begitu pula dengan narrative text. Berikut ini adalah ciri kebahasan dari teks narrative.

  1. Menggunakan past tense. Karena menggunakan past tense, pastikan teman-teman sudah mempelajari perubahan bentuk verb baik yang irregular maupun regular.
  2. Banyak mengguanakn adverb of time, seperti: once upon a time, yesterday, last month, one day, dan lain sebagainya.
  3. Menggunakan banyak adjective, sperti: beautiful, bad, ugly, handsome, kind, bad, dan lain sebagainya.


D. Contoh Narrative Text

Untuk memperjelas apa yang dijelaskan di atas berkaitan dengan pengertian, generic structure, dan language feature dari narrative text, berikut sengaja kami sertakan 12 contoh singkat narrative text beserta artinya untuk teman-teman sekalian. Pelajari contoh-contoh berikut agar teman-teman dapat lebih mengerti lagi setelah membaca penjelasan di atas.

Contoh Narrative Text tentang Fable (Cerita Hewan)
2. Contoh Narrative Text Semut dan Merpati

Contoh Narrative Text tentang Fairy Tale (Cerita Dongeng)
4. Contoh Narrative Text Rapunzel
6. Contoh Narrative Text Snow White

Demikianlah penjelasan singkat namun lengkap dan juga 12 contoh dari Narrative Text. Semoga apa yang disampaikan di atas bisa bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang berguna dalam mempelajari apa itu narrative text dan cara membuatnya. Jika ada pertanyaan berkaitan dengan penjelasan di atas, silahkan tulis saja melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Pengertian & Generic Structure Narrative Text"

Posting Komentar